Pages

Sunday, August 24, 2008

balada lelaki tua

Bagian pertama
============
Balada hidup lelaki tua
, kakek itu sudah tua, yah memang dimana-mana yang namanya kakek-kakek identik dengan yang namanya tua, tapi ada juga yang masih muda dipanggil kakek karena silsilah kekeluargaannya.

Tapi, bukan itu yang ingin saya bahas kali ini.
Masih ingat dengan kisah perjalanan "Buitenzorg to Batavia...." yah cerita yang panjang kali lebar kali tingginya sudah tidak terhitung lagi. Ada sebuah kisah yang tertinggal di sana, selama memori di kepala masih dapat memutarnya, maka saya akan memulai bercerita.

Singkatnya, ketika sampai di Batavia yang sekarang kita sebut dengan Jakarta, kota metropolitan yang panas, kadang begitu kejam menurut mereka yang gagal dalam perjuangan hidupnya di sana, kadang seperti surga bagi mereka yang berhasil meraup rupiah dan menjadi orang yang berhasil dalam pergulatan hidupnya.

Menumpang di rumah seorang kenalan lama yang dahulunya adalah senior saya di Asrama Annisa, saya lupa apa nama jalannya dan sudah pasti tentunya saya pun tidak ingat dengan alamat lengkapnya.

Begitu masuk, hal pertama kali yang saya tanyakan adalah "Ada laki-laki gak mbak di rumah ini?" begitu singkat dan padat. Si mbak menjelaskan bahwa hampir semua penghuni rumah ini wanita, memang ada seorang lelaki dan itu pun sudah tua, tepatnya renta.

bersambung ....