Pages

Tuesday, July 14, 2009

Family tree


Tiga bersaudara

Sebenarnya empat bersaudara, yang satu adik bungsu saya, lelaki, tidak ada sedang bersama kami bertiga. Nah, yang kecil itu? itu sepupu, sepupu yang keberapa??? haduh saya lupa, soalnya kakek saya punya 13 orang anak dari 3 orang istri.

Mari sedikit mengulas keluarga besar yang saya punya. Kakek saya dari istri yang pertama, memiliki satu orang anak dan sekarang anaknya yang saya panggil dengan sebuatan "uwak" atau dalam bahasa jawa "bu de", sudah memiliki 6 orang anak dengan 5 orang cucu kalau saya tidak salah.

Sedangkan dari istri kedua, nenek kandung saya, beliau memiliki 10 orang anak, yang sudah menikah 9 orang.

Ibu saya anak pertama, dengan 4 orang anak dengan 3 perempuan dan 1 orang anak lelaki. Lalu tante saya dalam bahasa kami disebut "bi' sak atau bibi yang besak" dalam bahasa kami "besar itu memiliki arti sama dengan "besak", ia memiliki 4 orang anak, dengan 1 lelaki dan 3 orang perempuan. Kemudian tante saya yang berikutnya disebut "bi' ngah atau bibi yang tengah". Ia memiliki 4 orang anak, dengan 1 orang putri dengan 3 orang lelaki, yang paling bungsu baru berumur 4 tahun kalau tidak salah.

Berikutnya, anak kakek saya yang nomor 4 adalah lelaki, kami memanggilkan "mang sak atau mamang besak", dia memiliki 2 orang anak, tadinya saya pikir akan menjadi 3, tetapi menjelang hari kelahirannya, ia meninggal di dalam kandungan ibunya.

selanjutnya, anak kakek yang nomor 5, kembali perempuan. Kami memanggilkan "bi' cik atau bibi kecik". Dalam bahasa daerah kami, "kecik itu sama arti dengan kecil" dalam bahasa indonesia. Dia memiliki 2 orang anak, seorang perempuan dan seorang lelaki.

Anak kakek yang nomor 6, kembali perempuan. Masih disebut "bi' cik", dia memiliki 2 orang anak, seorang lelaki dan seorang perempuan. Nah yang perempuan itu yang saya p
"pangku" di dalam photo di atas.

Anak kakek yang nomor 7, perempuan lagi. Masih disebut "bi' cik" juga, dia tidak memiliki anak kandung, tetapi memiliki 1 orang anak angkat, putri. Dan bagi kami keluarga besar, mau anak kandung, mau bukan, sama saja, saudara semuaaaaaa.

Anak kakek yang nomor 8, lelaki. Kami menyebutnya "ma' ngah atau mamang tengah atau mamang yang berada di tengah". Dia memiliki 1 (satu) orang anak, perempuan, mau memasuki usia Taman kanak-kanak kalau tidak salah.

Anak kakek yang nomor 9, lelaki juga. Kami menyebutnya "ma' cik atau ma' cek atau mamang kecik atau mamak kecik atau mamang yang kecil. Dia memiliki 1 (satu) orang anak, perempuan, belum ada satu tahun.

Anak kakek yang nomor 10, yang bungsu dari istri kedua. Masih disebut "ma' cik atau ma' cek". Karena dia belum menikah, jadi ya tentu saja dia belum memiliki anak.

Istri kakek yang ketiga, Saya tidak pernah tahu seperti apa wajahnya, tapi dari istri ketiga kakek saya ini. Beliau memiliki 2 orang anak, perempuan semua.

Anak pertama, kami menyebutkan "bi' cik atau bibi kecik", dia memiliki 2 orang anak kalau saya tidak salah. Dan anak kedua kakek saya ini, belum menikah, jadi ya tentu saja dia belum memiliki anak.

Jadi, kalkulasi semuanya, kakek saya memiliki 3 orang istri, 13 orang anak, dan 27 orang cucu, serta 5 orang cicit.