Pages

Thursday, February 19, 2009

orang gila aja tau

Hai orang Israel,
(Diam sejenak, berjalan hilir mudik, kemudian)

Hentikan perang mu,
(Kembali diam, berjalan hilir mudik)

Keluarlah dari negeri
(Tetap diam, berjalan hilir mudik)

Israel
(Masih diam, berjalan hilir mudik)

Sepenggal puisi, saya tidak tahu siapa pengarangnya, yang jelas yang membacalah yang mengarangnya. Lucu, tertawa geli tertahan ketika melihat, mendengarkan puisi itu dibacakan oleh si empunya, oleh si pengarangnya. Bukan bermaksud tidak menghargai, hanya saja, yang membuat dan yang membacakan puisi itu adalah orang gila, maka keluarlah umm apa ya, mungkin tajuk, ya sepertinya lebih enak membahasakannya sebagai tajuk, ya tajuk kali ini adalah ‘orang gila aja tau’.

Macam-macam saja berita, kadang saya setuju saja dengan pendapat ‘matikan televisi mu’, sepertinya saat itu banyak dampak negative yang barang itu berikan pada yang punya ‘kedoyanan’ menonton itu barang. Tapi kadang, ada manfaatnya juga, ya tentunya bila yang dipelototin itu sesuatu yang bermanfaat menurut sudut pandang khalayak tentunya.

Ada yang membuat tertawa, dengan ikhlas tentunya, karena memang mengundang tawa, ya seperti berita tentang si orang gila dengan puisi israelnya. Ada juga yang membuat tawa ndak ikhlas tentunya, ada sedikit berita tentang gizi buruk di Indonesia, sampai meninggal pula. Kadin kesehatan terancam dipecat , begitu katanya. Apa benar begitu? Entahlah, pejabat biasa berjanji, dan saya sudah bosan dengan janji-janji. Ada juga cerita tentang warga miskin di samarinda, luar biasa memprihatinkan kondisinya, ya namanya juga orang miskin. Tapi, yang luar biasa, ternyata masih ada masyarakat yang tergolong sangat miskin, whuahhh yang miskin saja, sudah begitu bentuknya, rupanya, keadaannya, apalagi yang tergolong sangat miskin, mau gimana lagi rupanya, ndak tau saya.

Yang membuat saya tertawa, beberapa waktu yang lalu, menjelang akhir tahun 2008, menteri ekonomi dari negeri antah berantah ini berkata, oh tidak, saya tidak tahu dia berkata atau tidak, anggap saja, mengeluarkan pernyataan, ya menteri urusan ekonomi itu menyatakan ‘angka kemiskinan di Indonesia berkurang hingga 30 %’. Saya tertawa, tertawa miris karenanya, menurun 30%, tapi kok ya gizi buruk masih ada saja, orang miskin jadi tambah nampak saja, bahkan sampai taraf sangat miskin pula, ya sudahlah, kamu yang mbaca saja ndak ngerti, apalagi saya, lebih-lebih ndak ngerti lagi, so adios…he..3x welcome to the jungle dan life is struggle coy.