Pages

Saturday, May 7, 2011

Mahasiswa lama, jangan hilang ORIENTASI nya

Note terakhir untuk sesi kalian yang masih jadi mahasiswa.

kenapa saya tagged, yaa semoga note ini bisa jadi cermin, jadi guide, petunjuk dah biar gak ikut langkah yang salah dari kita-kita pendahulunya.

Pertama, jangan biasakan meniru hasil karya orang lain, naaa menyontek itu termasuk ke dalamnya. Jangan membiasakan diri dengan kebiasaan buruk yanng satu ini. Soale, bakalan merugikan diri sendiri, kalian mahasiswa jadi gak tau sejauh mana kemampuan otak kalian. Jadi gak percaya diri pada saat ditanya "kamu bisa apa?". Yaa kecuali kalau mau mengabdikan diri jadi pegawai negeri, gak perlu itu ahli, yg penting IPK sama rezeki kalo mmg jadi PNS, atau hehehe doku yg gede buat masuk ke sana.

BUat yg doyan nyontek, biasanya gk jadi masalah juga kalau nantinya jd PNS tapi dengan cara yg gk halal, alias sodok bola. Biar melambung itu dia punya nama, trusss muncul dah di pengumuman penerimaan CPNS yg baru, hehehehe.

Ok kembali ke sesi terakhir bagi note untuk mahasiswa. Adik2 semua, kawan2 semua, lulus cepat atau lama bukan menjadi jaminan dari sukses atau tidaknya seseorang. Semua tergantung dari pribadinya masing-masing. Kalau kalian pilih lulus lebih dari 4 tahun, maka yaaa harus punya rencana dengan itu semua. Jgn habiskan waktu di kampus, jd mahasiswa cuma-cuma. Cuma nongkrong ngerumpi gak keruan, cuma ngalor ngidul sampe lupa kalau udah jadi mahasiswa paling tua.

Kalau pun mau lulus cepat, yaaa harus punya perencanaan matang juga. Jangan asal lulus untuk kemudian bingung mau apa dan mau kemana. Lulus cepat atau lewat tenggat, itu semua pilihan hidup dan setiap pilihan ada resiko di depannya. Jangan juga merasa bodoh karena lulus lama, karena setiap mahasiswa akan menghadapi ujian masing2 untuk mendapatkan toga pada acara wisudanya. Jadi jangan dikira gampang kalo mau wisuda. Bisa jadi pas tugas akhirnya dapat topik yg enak, eeee ternyata dosennya kebagian yang moodnya suka berubah2.

Ada juga yg dapet dosen enak, eee tugas akhirnya yg susah, jadiii intinya adalah pengendalian diri untuk menikmati hehehehe.

Buat yg kelamaan plesiran, melancong daaan baru sadar kalau masih kuliah pas udah deket2 masa DO, pas deket2 temen2 sudah mau pada wisuda. Oke oke oke, jangan hilang arah, jangan juga disorientasi, jangan juga patah semangat. Mulailah berdamai dengan pembimbing akademik, mulailah konsultasi demi masa depan dirimu nanti. Yaaa imbasnya terima semua ceramah dari PA dan dosen2 lainnya. Daaan terima juga keputusan terburuk kalau pada akhirnya kamu kudu pindah kampus soale pak dan ibu dosen gak ketemu cara lain, selain memindahkan kamu ke univ lain. Dengan tujuan supaya kamu selamat.

Yaaa semua yg saya ceritakan di atas, pernah terjadi pada zaman saya. Pada masa saya masih menjadi mahasiswa. Saya banyak jumpai kasus begitu, kasus seperti itu. Yaaa intinya bersabar saja dan tentunya berdoa.

oooooo iya, buat mahasiswa2 yg masih baruuuu sekali, atau pun yg pertengahan tahun kuliah. Ambil kesempatan sebanyak2nya dengan mengenyam gelar mahasiswa. Ada banyak beasiswa untuk kalian semua, atau ada banyak kompetisi yg bisa menghasilkan uang (hehehehe) kalau kalian memenangkannya. Sekalian bisa jalan-jalan, yaaa semisal PIMNAS. Atau kalau mau belajar usaha, bisa ikutan PMW trus dimodali dah buat buka usaha.

Intinya mah, paling enak jadi mahasiswa, yaaa kalau bisa memanfaatkannya.
Saya aja pengin jadi mahasiswa S1 lagi rasanya. Pengin ketemu dosen2 lagi, kuliah dg dosen eksentrik, kuliah dg dosen yg katanya galak bin killer, pengen juga kuliah Fisika Kuantum and fisika inti lagi. Yaaa meskipun gak begitu mengerti hehehehe

O iya, pesen buat yg musuhan sama temen satu jurusan n satu angkatan satu kelas pula. Udah dah, jgn kayak anak SD, jgn juga kayak sinetron. Ntar nyesel lho, di kampus cuma sebentar tp malah musuhan. Nnt pas udah lulus baru nyesel dah, kehilangan momen2 berharga selama jadi mahasiswa.

oke oke oke
skrg sy jd kangen sama teman2 saya hehehe.
semoga tulisan ini bermanfaat yaaa
buat mb mini, marhana, lia apriliana, nichan, okeee dah cep kangen lho
and buat pembimbing cep dari awal sampe selesai Pak Warsito, terima kasih untuk semuaaanya, untuk semuanya pak.
and buat teman2 serta dosen2 yg lain, duuuh saya banyak hutang budi dah sama kalian semua.