Pages

Tuesday, April 5, 2011

Memanfaatkan sayuran sisa agar tidak terbuang

Sebenarnya dibilang bisa masak, ya tidak juga. Hanya saja saya tipe orang yang tidak suka buang-buang makanan atau sayuran. Maka, jadilah terkadang makanan atau sayuran yang ada di lemari es, saya olah kembali, supaya bisa menjadi makanan jadi. Hari ini, di dalam lemari es, ada beberapa buah wortel, buncis, sayuran hijau yang sudah matang, beberapa buah tomat yang sudah terlampau matang. Apa nama masakannya, nah saya belum ketemu. Tapi, biar saya urutkan dulu resepnya dan bahan-bahan yang digunakan.

Bahan-bahan
1. Wortel
2. Buncis
3. Sayuran hijau

Bumbu
1. 2 siung bawang merah ukuran besar
2. 3 siung bawang putih
4. 5 bh cabe merah
5. 5 bh cabe rawit
6. garam kasar
7. gula pasir
8. gula palm
9. terasi 1/4 sdk teh
10. 250 ml air
11. 1 buah tomat
12. 1 sdk makan minyak sayur

Cara membuat

  • Cincang halus bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah
  • Potong segi empat tomat
  • Panaskan penggorengan, masukkan 1 sdk makan minyak sayur
  • Tumis bumbu yang sudah dicincang halus beserta tomat, dengan api kecil.
  • Setelah harum, masukkan 250 ml air. Kemudian tambahkan garam, gula palm, terasi, gula pasir secukupnya. Semua bahan ini, berfungsi sebagai penyedap rasa alami, sehingga tidak perlu menggunakan MSG.
  • Setelah air mendidih, masukkan sayuran yang sudah dipotong (wortel, buncis, sayuran hijau).
  • Diamkan selama lebih kurang 10 menit dengan api kecil, matang, angkat.
  • Soup siap dihidangkan


Catatan.

  1. Gula pasir, gula palm, terasi dan garam berfungsi sebagai pengganti MSG, saya tidak tetapkan takarannya, karena selera setiap orang berbeda
  2. Rasa sayuran ini pedas, manis, asam, karena saya suka pedas jadi cabe nya saya buat banyak. Kalau rasa asam di dapat dari tomat, tapi tidak terlalu asam. Rasa manis berasal dari gula, sedikit gurih karena garam dan terasi.
  3. Sayuran ini hampir seperti sayur bening, tapi kuahnya berwarna orange. Warna orange berasal dari tomat, jadi lucu deh
  4. Kenapa saya cuma pakai 1 sdk makan minyak, supaya sayuran ini tidak begitu berminyak, yaaaa alih-alih menyelamatkan jantung dari kolesterol hehehe.
  5. Oh iya, bahan yang digunakan bisa sayuran apa saja, yah intinya yang kira-kira bakal dibuang, tapi sayang, gak mau mubazir. Nahh lebih baik diolah aja. Mau diolah apa? ya semua terserah anda.
  6. Setelah dicoba, diicip-icip, hehehehehe, buat saya enakkk enakk enakk
  7. Selamat mencoba
Jadi saya beri nama masakan ini
"Sop orange PMA"
(pedas manis asam)